@Masbudi.net

Share Knowledge and reasoning from an ordinary people

Mengarahkan Domain Public ke DNS Server sendiri..

Written By: masbudi - Mar• 10•12

Setelah kemaren masbudi.net share tentang bagaimana cara membangun DNS Server di Ubuntu 10.04 kali ini masbudi.net akan share knowledge tentang bagaimana cara mengarahkan Domain Public (seperti http://masbudi.net) ke Server DNS sendiri. Keuntungan dari tutorial ini adalah Bandwidth yang kita pakai nantinya tidak dibatasi oleh bandwidth dari rumah hosting, dan yang paling penting lagi storage yang kita pake untuk webserver kita nantinya akan tidak terbatas (tergantung kapasitas hardisk server), sehingga akan menghemat biaya karena hanya dikenai biaya sewa domain. Langsung saja gan, berikut tutorial untuk mengarahkan Domain Public ke DNS Server sendiri.

  1. Sewa domain (.org, .com, .net, dll )dari tempat penyedia layanan domain seperti Rumah Web, Qword, atau yang lainnya
  2. Setelah akun anda aktif silahkan masuk ke Cpanel. biasanya untuk login ke cpanel bisa dibuka di alamat cpanel.domainkamu.com (ex : cpanel.masbudi.net),
  3. cari menu Domain lalu pilih Advance DNS Zone Editor,

  4. pada Zone File Records, cari Baris Name domain anda, seperti contoh masbudi.net, maka anda akan mendapatkan Record dari Domain anda akan mengarah IP Public milik penyedia domain anda

    Zone File Record

  5. Untuk memindahkan ke server kita, klik edit pada kolom action, dan pada kolom address ganti IP Public milik anda, setelah itu Klik edit Record. Maka secara otomatis Record dari domain masbudi.net akan beralih ke Ip Public milik kita.

    edit zone file records

    Biasanya untuk dapat resolv dari domain ke IP milik kita propagasi DNS berkisar 3jam – 2/3hari. Untuk domain masbudi.net ini, berhubung baru maka pengalaman kemaren propagasi DNS nya kurang dari 3 jam sudah bisa mengarah ke DNS Sendiri.

    Setelah berhasil anda bisa mengotak ngatik DNS Server sendiri, atau yang belum paham bisa lihat tutorial yang pernah masbudi.net bikin disini

 

Note :

Bagi anda yang baru belajar, dan pengguna speedy, anda bisa memanfaatkanya. Karena biasanya speedy menggunakan IP Public. Tinggal cari di google dengan keyword “membangun web server menggunakan speedy”. Yang sedikit repot ialah IP yang didapatkan oleh speedy bersifat dinamic (DHCP), jadi sewaktu praktek usahakan modem tidak mati hingga beberapa jam hingga domain mau resolv ke IP milik speedy. Sedangkan untuk portnya berhubung webserver menggunakan port 80 dan DNS menggunakan port 53 maka anda tinggal menyesuaikan. Semoga berhasil.. SEMANGAT!!

 

 

“Share Knowledge is fun” :)

 

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

10 Comments

  1. [...] dns Public yang nantinya akan masbudi.net share dilain kesempatan tentang bagaimana cara melakukan pointer dari domain yang kitsa sewa (ex: .com / .net / .dll) di rumah hosting agar dapat ngresolv ke IP publik milik kita. simak ya [...]

  2. mazumam says:

    kalo yang ini ijin kopas seluruhnya ya bang… buat catatan pribadi :)

  3. Adi Purnomo says:

    Saya ingin punya server dan ip yg dpt dikelola sendiri bagaimana caranya, karena saya akan akses data mysql via program sendiri (VB60). terimakasih

    • masbudi says:

      Tinggal mau diakses via publik atau lokal gan?
      Biasanya kalo bikin program sendiri, pakainya jaringan lokal gan. Tinggal agan bikin pc server, lalu install mysql server..

  4. mas budi, saya newbi di dunia internet. pengen nyoba mindahin domain (wordpress) dari server lama ke server baru lewat cpanel, step by step nya gmn ya? saya sudah punya informasi yg diperlukan dari server baru tapi bingung mulainya.

    • masbudi says:

      Server lama ke server baru maksudnya, ke tempat hosting baru??
      kalau iya. sebenarnya ada beberapa cara.

      1. Pindah semua folder yang ada di public_html ke server yang baru, lalu jangan lupa migrasi databasenya ke server hosting yang baru. nb : semua informasi mengenai database harus sama mulai dari host, user, password dan database. karena akan berpengaruh pada wp_config.php wordpress.

      2. install WordPress baru di server hosting baru. lalu lakukan proses export / importyang ada di fasilitas wordpress. jangan lupa untuk memindahkan folder wp-content yang ada di server lama ke server baru. karena file2 termasuk image berada disitu..

      kalau masbudi lebih cenderung ke cara pertama. walau mungkin agak ribet tapi lebih nyaman.. :)

      kalau seandarinya yang dimaksud mindahin domain dari wordpress.com ke domain sendiri banyak artikelnya di simbah google. monggo dicari.

  5. gwawan says:

    thanks berat mas bosss….. dari dulu dicariin artikel yg bahas ini dalam bahasa, akhirnya ketemu disini he2… br tau juga fungsi DNS Zone itu hehe… :D

  6. trisno says:

    mas budi,
    saya mau tanya nih saya sudah install zimbra dan sudah berhasil jalan (sudah bisa kirim dan terima email ) tapi hanya local user saja. kalo mau terima email dari luar atau kirim ke luar gimana cara settingnya yah ? (maksudnya kita kirim ke gmail dari account zimbra atau sebaliknya)
    mohon pencerahannya yah mas…

Leave a Reply